Apasih Root pada Android itu?

Root atau rooting pada Android, mungkin bagi sahabat yang menggunakan Handphone Hebat yang berbasis Android tidak asing dengan kata-kata ini. Ya, jika kta ingin meng-edit atau meningkatkan performa dari Handphone Hebat, salah satu syaratnya adalah barang tersebut sudah dalam keadaan ter-Root. Apasih root pada android itu? Nah berikut ini saya akan menjabarkan mengenai root pada Android. Now check it out ..... :)



 Root pada android adalah memberikan hak penuh pada User atas Handphone Hebat mereka, User dapat memodifikasi, menambah atau menghapus file-file yang terletak pada system Android. Dimana ketika Handphone Hebat belum ter-Root (masih perawan tingting :D) file-file tersebut tidak dapat diakses secara bebas oleh user, atau dalam OS Windows sering disebut hak Administrator.


Seperti semua proses kegiatan, proses Root pada ponsel android memiliki efek samping baik dan buruk.


Efek buruknya adalah
  • Menghilangkan garansi Handphone Hebat. Yaps, karena proses ini dapat memodifikasi file sistem pada Handphone Hebat, maka jika terjadi kerusakan pihak service center tidak akan memberikan garansi, karna meraka beranggapan Handphone Hebat tersebut rusak karena proses rooting. Tapi ada solusinya, yaitu dengan cara melakukan proses unroot. Jika kita melakukan proses ini sudah pasti garansinya akan kembali :)


  • Masalah Keamanan. Handphone hebat mudah terjangkit virus :'( Namun ini masih dalam perdebatan. Dikatakan bahwa dengan melakukan Root, maka aplikasi-aplikasi malware seperti virus atau Trojan dapat dengan mudahnya masuk ke file sistem dan melakukan pengrusakan atau melakukan pencurian data-data pengguna. Namun menurut saya walaupun Handphone Hebat tidak di Root virus pasti juga bisa masuk, seperti kata orang bijak "Virus bisa masuk bukan karena di root, tapi juga karena faktor keisengan. waspadalah....waspadalah" :p


Nah kalo diatas udah di sebutin efek buruknya, sekarang kita masuk deh ke sisi baiknya :)


  • Dapat menginstal Aplikasi yang memerlukan akses Root, seperti App2SD dengan aplikasi ini kita dapat memindahkan Aplikasi yang kita instal ke SD card jadi kita bisa menghemat memori internal :)


  • Dapat menginstal Custom ROM. sebelumnya pasti sahabat ada yang belum tau tentang Custom ROM. Custom ROM adalah sebuah sistem operasi Android yang telah d modifikasi. Costum ROM tidak di release oleh pabrik melainkan oleh komunnitas-komunitas pecinta Android.


  • Dapat melakukan pengaturan yang dapat memaksimalkan kinerja Handphone Hebat. Salah satu cara tersebut adalah proses OverClock, dimana processor dipaksa untuk bekerja secara lebih sehingga performa Handphone Hebat meningkat. Namun hal ini juga memiliki efek yaitu dapat memperpendek usia processor, batre cepat panas dan jika salah setting kinerja dari Handphone Hebat akan tidak stabil.


  • Dapat meng-uninstall aplikasi bawaan pabrik. Sudah tentu dong kita dapat meng-uninstall, secara kita adalah adminnya, kita memiliki hak penuh terhadap Handphone Hebat :)


Yahh.... sekian penjabaran Root Android dari saya, mohon kritik dan sarannya.... Maklum masih Newbie he he he he

1 comments:

 
KetikanKu © 2012 | Designed by Rocking Templates, helped by Chica Blogger